spot_img
MedanPencalonan Kepling XVIII Kelurahan Tanjung Mulia Hilir Diduga Sarat “Permainan“

Pencalonan Kepling XVIII Kelurahan Tanjung Mulia Hilir Diduga Sarat “Permainan“

 

Medan, Metropos24.com – Warga masyarakat Lingkungan XVIII Kelurahan Tanjung Mulia Hilir Kecamatan Medan Deli berbondong bondong mendatangi Kantor Lurah Tanjung Mulia Hilir Kecamatan Medan Deli. Jum’at (11/2) pagi menjelang siang hari.

Pasalnya. Maksud kedatangan warga adalah ingin meminta penjelasan dari Pemerintah dalam hal ini Lurah Kelurahan Tanjung Mulia Hilir terkait proses verifikasi calon Kepala Lingkungan XVIII Tanjung Mulia Hilir Kec. Medan Deli yang diduga sarat “permainan”.

Warga masyarakat yang awam terhadap Peraturan Wali Kota No 21 Tahun 2021 tentang Pedoman Pengangkatan dan Pemberhentian Kepala Lingkungan di Kota Medan, warga berusaha mendapatkan penjelasan dari Lurah karena mereka menduga ada fenomena yang tidak sehat dalam proses calon Kepling XVIII tersebut.

Padahal, sebelumnya Lurah Tanjung Mulia Hilir mengatakan kepada 5 calon kandidat di ruangan kerjanya, bahwasanya hanya 2 calon kepling yang memenuhi syarat dan akan diajukan ke Kecamatan. Diantaranya Sanetena Laia dan Dedi Simbolon. Namun pada esok harinya, berbeda dengan pernyataan Lurah sebelumnya.

Diketahui bahwa ada 3 calon yang gugur diantaranya Rusmanto, Adi Sugianto dan Herbert Silaban karena tidak memenuhi syarat dukungan 30 persen dari jumlah KK yang ada di Lingkungan XVIII. Adapun jumlah Kepala Keluarga (KK) di Lingkungan XVIII, Kelurahan Tanjung Mulia Hilir sebanyak 747 KK.

Berikut dukungan dari Warga Lingkungan XVIII, Kelurahan Tanjung Mulia Hilir yakni, 1. Sanetena Laia, sebanyak 230 KK, 2. Dedi Simbolon, dukungan sebanyak 229 KK, 3. Rusmanto, dukungan sebanyak 187 KK, 4. Adi Sugianto, dukungan sebanyak 175 KK dan 5. Herbert Silaban dukungan sebanyak 143 KK.

Kedatangan calon Kepling Sanetena Laia bersama warga di Kantor Lurah Tanjung Mulia Hilir ingin mempertanyakan kepada Lurah terkait dirinya tidak lolos dari verifikasi, padahal menurutnya, dirinya memenuhi syarat dan dinyatakan lulus mendapatkan dukungan 30 persen dan berhak mengikuti ujian di kecamatan.

“Kedatangan saya bersama warga ingin mempertanyakan kepada Lurah terkait bahwa saya dinyatakan tidak lulus, padahal saya sudah dinyatakan lulus verifikasi dan dapat dukungan 30 persen,” katanya saat diwawancarai awak media di kantor Kelurahan Tanjung Mulia Hilir. Jumat (11/2).

Lanjut dikatakan Sanetena Laia, dirinya kecewa dan kesal sehubungan dirinya dinyatakan tidak lulus verifikasi. “Setelah 2 hari akan pengumuman lulus dalam verifikasi saya dinyatakan tidak lulus, dengan alasan saya dikatakan beda domisili, padahal Saya sudah 10 Tahun tinggal di Lingkungan XVIII, dan kepling juga menyatakan saya sebagai warganya dan tidak berdomisi di lingkungan lain,” kesalnya.

Dirinya berharap kepada Camat Medan Deli dan Wali Kota Medan agar turun meninjau langsung untuk menyelesaikan permasalahan ini. “Saya berharap kepada Camat dan Wali Kota Medan agar turun langsung untuk menyelesaikan masalah pencalonan kepling yang diduga penuh kecurangan,” tegasnya.

Sementara, menurut warga Lingkungan XVIII Ricard Siahaan menduga adanya permainan ataupun kecurangan dalam panjaringan calon Kepling XVIII. “Saya menduga ini ada permainan dan ada udang dibalik batu, dan saya juga akan melaporkan permasalahan ini ke DPRD Kota Medan Komisi I,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu Lurah Tanjung Mulia Hilir Kecamatan Medan Deli Hendra Syahputra menerima warga masyarakat yang protes di Aula Kantor Lurah Kelurahan Tanjung Mulia Hilir. Lurah berusaha menjawab dan menjelaskan duduk masalah tentang hal yang menjadi keberatan warga masyarakat Lingkungan XVIII Kelurahan Tanjung Mulia Hilir Kecamatan Medan Deli.

Lurah memberikan penjelasan kepada warga masyarakat bahwa semua proses pencalonan Kepala Lingkungan di Kelurahan Tanjung Mulia Hilir sudah sesuai dengan Peraturan Wali Kota. Jika terdapat hal-hal yang tidak sesuai dengan Perwal maka warga masyarakat dipersilahkan mengajukan keberatan. (red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
spot_img
spot_img

Baca Juga

- Advertisement -Newspaper WordPress Theme

More article

- Advertisement -Newspaper WordPress Theme